Minggu, Juni 12, 2011

Ahmad Darobin Lubis dan Sofyan Husein Siregar: Satu SMA di Padang Sidempuan dan Sama-Sama Meraih Doktor di Jepang


*Untuk melihat semua artikel Tokoh Tabagsel Masa Kini dalam blog ini Klik Disini

Ahmad Darobin Lubis (lahir di Tapanuli Selatan 3 Januari 1967) dan Sofyan Husein Lubis (lahir di Tapanuli Selatan 23 Januari 1968) adalah dua akademisi bergelar doktor dari Jepang. Mereka berdua berasal dari SMA yang sama: SMA Negeri 1 Padang Sidempuan (lulus 1985). Mereka sama-sama mendapat gelar sarjana (Ir) dari Institut Pertanian Bogor (IPB): Ahmad Darobin Lubis di Fakultas Peternakan dan Sofyan Husein Siregar di Fakultas Perikanan.

Aneh tapi nyata. Setelah masing-masing lulus sarjana mereka berpisah dengan mengambil ‘jalan’  yang berbeda. Ahmad Darobin memulai karir sebagai dosen di Fakultas Peternakan IPB sedangkan Sofyan Husein sebagai dosen di Fakultas Perikanan Universitas Riau (UNRI). Namun, pada akhirnya mereka sama-sama mengikuti program doktor di Negara yang sama: Jepang. Ahmad Darobin Lubis di Hirosima University dengan minat pengolahan pakan (lulus 2007) sedangkan Sofyan Husein Siregar di Kyoto University dengan minat ekologi laut (lulus 2002).

Dosen muda berperestasi. Mereka berdua di kampusnya masing-masing, tidak hanya sebagai dosen muda berprestasi, juga berada pada jabatan struktural. Ahmad Darobin Lubis kini menjabat sebagai Kepala Bidang Audit Akademik Kantor Audit Internal IPB dan Sofyan Husein Siregar sudah beberapa periode menjabat sebagai Ketua Program Studi (Ka Prodi) Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan UNRI.

Saya lebih dari kenal untuk dua tokoh muda ini. Mereka di SMA adalah adik kelas dan ketika datang di Bogor untuk memulai pendidikan sarjana jelas saya sambut mereka dengan hangat. Saya juga turut membantu (asistensi) mereka untuk lebih memahami apa itu ilmu ekonomi ketika diadakan responsi Ilmu Ekonomi di Imatapsel Bogor. Tapi saya ragu apakah mereka masih ingat ‘apa itu ilmu ekonomi’. Sejak saya hijrah dari Bogor saya tidak pernah ketemu lagi dengan mereka sampai akhirnya saya ketemu kembali dengan Ahmad Darobin Lubis beberapa tahun yang lalu dalam pertemuan alumni Imatapsel yang diselenggarakan di Bogor. Selamat berkarya. (Akhir Matua Harahap).

Tidak ada komentar: